Rabu, 25 Februari 2015

Ingin Tinggal di Luar Pulau Jawa Part 1

Bagi sebagian besar orang mungkin tinggal di Pulau Jawa itu menyenangkan, karena biasanya akses kemana-mana lebih mudah dibandingkan dengan di pulau lainnya. Dari segi fasilitas, baik kesehatan, pendidikan, hiburan, dan hal lainnya lebih banyak tersedia apalagi di kota-kota besar di Pulau Jawa #nooffense :")))

Aku pun mengakui hal itu, apalagi Ibukota Negara Indonesia tercinta kita ini adanya di Pulau Jawa, Daerah Khusus Ibukota Jakarta atau sering disingkat DKI Jakarta, siapa yang tidak tahu kota metropolitan satu ini. Walaupun terkenal macet, banjir, polusi dimana-mana, tapi hingar bingar layaknya kota-kota besar lainnya menjadi daya tarik tersendiri untuk kota Jakarta, banyak orang-orang di daerah yang ingin pergi ke Jakarta, baik untuk mengadu nasib ataupun hal lainnya. Bagaimana tidak, banyak perusahaan-perusahaan besar ataupun kantor-kantor pemerintahan berpusat disana, jujur saja aku pun tergiur untuk mencoba mencari pekerjaan disana..hehe.. *curhatan seorang pengangguran.. :p


sumber : google

Pesona Pulau Jawa bukan hanya ada di Jakarta, masih banyak kota-kota lainnya yang menyimpan daya tarik tersendiri, sebut saja Bandung dan Daerah Istimewa Jogjakarta yang juga punya keindahan khas Pulau Jawa. Masih banyak sebenarnya kota lainnya, tapi aku hanya menyebutkan dua kota itu karena dari 4 tahun yang lalu aku tinggal di Bandung untuk melanjutkan pendidikan, sedangkan Jogja sendiri walaupun aku tidak pernah tinggal lama disana, tapi setidaknya aku pernah berpelancong kesana dan cukup meninggalkan kesan yang cukup mengubahku, makanya aku ingin sedikit bercerita tentang dua kota tersebut, bukan berarti kota lain tidak bagus kok tapi takut kepanjangan kalo cerita tentang semua kota di Pulau Jawa... hehe.. *alasan aja moooooon... :p

BANDUNG, kota dimana Gedung Sate menjadi ikon yang menjadi ciri khasnya, bisa dilihat kan kalo di FTV-FTV lokasinya di Bandung pasti Gedung Sate kena shoot beberapa kali..hehe..

Gedung Sate
source : google

Terkenal dengan kotanya orang-orang kreatif, hal tersebut aku rasa pantas disandang oleh Kota Bandung. Banyak sekali produk-produk yang dihasilkan oleh ke-kreatifan urang-urang Bandung, susah kalo disebutin satu-satu mah, contona mah tina makanan weh..rupa-rupa kan makanan di Bandung mah. aya kurupuk dikeueum ku cai terus weh ngadamel bumbu tina bawang bodas, cikur, cengek jeung sajabana, oseng weh eta kurupuk jeung bumbu jadi weh seblak *bagi yang gak tau artinya bisa pake google translate, atau bisa tanya ke temennya yang orang sunda atau ke saya... hehee..Walikota Bandung yang sekarang pun ga kalah kreatif, Bapak Ridwan Kamil banyak menetaskan ide-ide baru yang membuat Kota Bandung jadi lebih indah dan nyaman * curahan hati pendatang yang tinggal di Bandung yang juga fans Kang Emil :p. Apa aja idenya Kang Emil ?? sok googling aja atau datang aja ke Bandung. Banyak bener soalnya kalo dijelasin satu-satu.. muehehe..

Jatuh cinta dengan Kota Bandung ?? Yaaap aku jatuh cinta sekali dengan kota ini, makanya masih aja tinggal di Bandung walaupun udah lulus..haha.. Iyaaaa, aku bukan asli orang Bandung, asalku dari Purwakarta, kota kecil yang juga masih di area Jawa Barat. Tapi dari kecil aku sudah sering ke Bandung, maklum saja mamahku asli urang Bandung, makanya banyak sodara yang tinggal di Bandung. Dari kecil aku sudah suka dengan Bandung, udaranya yang sejuk menjadi alasan terbesarku menyukai kota ini. hehe.. Tapi aku jatuh cinta dan benar-benar dalam sejak aku kuliah disini.. hehe.. ceileeh dalemnya segimana neng.. :p

Aku serius bilang aku jatuh cinta dengan Bandung..hahaa. Mungkin banyak orang yang merasakan hal yang sama sepertiku, liat aja tuh tiap weekend kan Bandung sering menjadi sasaran tempat berpelancong bagi turis-turis lokal ataupun luar negeri, terutama yang berasal dari Jakarta..hehe, tiap weekend pasti banyak mobil ber-plat B di jalanan Kota Bandung. Kalo diibaratkan calon pacar, Bandung ini masuk kriteria yang pas untuk calon pacar idaman, bikin nyaman & betah , menyejukkan dan tentunya ngangenin*ceileeh.. :p Seriously, I feels like that.. hehe..

Beralih ke kota lainnya, yaitu Daerah Istimewa Jogjakarta. Udah pada taulah yaa, kenapa disebut 'daerah istimewa'..hehe.. Kota kedua di Pulau Jawa yang berhasil buat aku klepek-klepek..haha. Kota yang terkenal sebagai Kota Pelajar ini memiliki banyaaak sekali hal yang buat aku terpesona.. *maapkan kalo lebay..haha tapi beneran kok.. 


Tugu Jogja
source : google

Daya tariknya begitu lengkap, dari budaya Jawa yang masih sangat kental, kotanya yang nyaman, tertata rapih dan bersiiiih (seriusan aku sangat jarang liat sampah di jalanan dan tempat-tempat lainnya), orangnya yang juga ramah-ramah, tempat wisata yang bervariasi, mulai dari pantai, gunung, wisata sejarah, wisata pendidikan, wisata belanja dan ga ketinggalan wisata kulineeer *slruuuuup :9 *ketauan tukang makannya.. ;p, pokoknya semuanya lengkap disana dan yang bikin betah harga-harga disana relatif lebih murah dibandingkan dengan kota-kota lainnya..hehe.. 

Walaupun aku hanya sebentar berlibur disana, tepatnya di akhir tahun 2013 sampai awal tahun baru 2014, tak butuh waktu lama untuk menyukai kota satu ini, kalau aja dulu aku ga terhalang harus mulai mengerjakan tugas akhir, mungkin aku akan memperpanjang waktu liburanku..haha.. *bisa-bisa digetok mamah kalo beneran dilakuin..haha..

Jogja bener-bener bikin aku kerasan, seminggu disana rasanya masih kurang, makanya kalo ada kesempatan aku pengen liburan kesana lagi, kalo bisa dengan waktu yang lebih panjang..hahaa.. Masih banyak tempat yang belum sempat aku eksplorasi, Keraton Jogja aja belum sempet aku datengin soalnya waktu kemarin mepet banget..huhu.. *yoosh semoga nanti ada rejeki biar bisa maen kesana lagi.. Oh yaa waktu liburan kemarin, aku nginep di tempat temanku yang kebetulan kuliah disana..hehee..mayanlah jadi ngirit uang buat penginapan.. *makasih yaa Sri, big hug for you & friends :"))))


Okeeeee, cukup berbicara tentang kota-kota di atas..hehe.. Kali ini mau sharing tentang salah satu keinginanku untuk tinggal di luar Pulau Jawa, kalo bisa di dearah yang masih sangat minim fasilitas atau bisa dikatakan jauh di pelosok sana *maaf aku ga ada maksud apa-apa, cuman ingin bercerita aja.. >_<

Yaaap, aku ingin mencoba untuk tinggal di luar Pulau Jawa, kalo bisa di pulau-pulau bagian timur Indonesia. Kenapa aku ingin mencoba tinggal disana ?? banyak alasan yang mendasari keinginanku ini, tapi bisa dibilang semuanya berawal sejak aku menonton suatu tayangan di televisi tentang petualangan-petualangan di daerah-daerah yang masih terlihat alami tanpa banyak sentuhan tangan manusia ataupun teknologi, Iyaap semenjak itu aku mulai bermimpi untuk bisa melakukan hal seperti itu.

cr to : Trans7
sumber : google

Lalu kenapa mesti tinggal, kan bisa berlibur aja kesana ???  Nah, itu dia masalahnya..aku ga ingin beberapa hari aja tinggal disana, kalo liburan kan paling lama seminggu lebih lah disana, sedangkan aku ingin mengetahui lebih lagi tentang daerah-daerah tersebut, baik dari segi budaya, kebiasaan masyarakat, tempat-tempat indah disana (yang tentunya masih alami) dan hal lainnya, seminggu aku rasa kurang cukup untuk mengeksplor itu semua.

Aku pun bukan berasal dari kota besar, tapi kalo diminta untuk memilih untuk tinggal di kota besar atau daerah yang masih perawan, sampai saat ini mungkin aku memilih untuk tinggal di daerah daripada di kota besar. Iya memang kota-kota besar mungkin terlihat lebih mempesona dengan semua fasilitas yang ada, aku pun jujur saja sempat tergiur untuk mencari rejeki disana. Tapi sungguh, kalo aku bisa memilih, aku ingin mencoba untuk tinggal di daerah pelosok-pelosok Indonesia.

Makanya, ketika ada yang bertanya padaku,
Penanya : "Kalo kerja nanti pengennya kerja dimana ?? Jakarta, Bandung atau dimana ??"  
Bisa dipastikan ini jawabanku "Kalo bisa dan dikasih kesempatan, aku pengen ditempatkan di daerah di bagian Timur Indonesia"
Penanya : " Loooh kenapa, enakan juga di kota-kota gede..lah kamu pengennya disana ??"
Aku : "Karenaaa................................................................................. *to be continued (karena kepanjangan, postingan selanjutnya nanti yaa..hehee.. ^_^)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar