Sabtu, 14 Februari 2015

Review Vitacid 0,05 %


Kali ini aku mau review tentang cream yang mengandung tretinoin atau retinoid acid. Retinoin Acid sendiri merupakan turunan derivatif dari Vitamin A, yang dipercaya oleh sebagian ahli sebagai obat topikal yang bisa digunakan untuk mengurangi jerawat, meremajakan kulit, menghaluskan kulit dan lain sebagainya. Gimana ga ngiler buat nyoba, manfaatnya aja lumayan banyak buat kulit.









Menurut blognya Mbak Lady disini, tretinoin ini ditemukan oleh dokter Albert Kligman, seorang dokter berkebangsaan Amerika Serikat. Konon katanya, walau beliau waktu itu sudah berumur 90 tahun, kulitnya masih kenyal dan utuh dan ternyata rahasianya beliau rajin merawat kulitnya dengan tretinoin. Ckckck gimana ga makin ngiler coba..hahaha.. 

Saking banyaknya yang penasaran dengan kehebatan tretinoin, banyak orang yang ingin mencobanya, bahkan sampe dibahas di forum kecantikan seperti femaledaily.com. Sebenernya dulu pun aku udah pernah review tentang tretinoin di blog lama aku disini , tapi waktu itu aku pake tretinoin dengan merk Retin-A. Nah, kali ini aku mau review tretinoin dengan merk yang berbeda yaitu Vitacid.






Kalo boleh jujur, udah dari beberapa bulan yang lalu aku stop pake tretinoin. Kenapa ? soalnya aku suka coba-coba cream baru..hahaa.. jadi aku sempet stop pake tretinoin.. :p Tapiiii, karena beberapa minggu ini aku lagi jerawatan lagi gara-gara obat alergi, akhirnya aku pake lagi tretinoin ini. Seperti yang aku bilang, kalo dulu aku pake tretinoin dengan merek dagang Retin A, sekarang aku pake Vitacid.

Kenapa aku beralih ke Vitacid ? Alasannya :
1. Di apotek deket rumah kebetulan Retin A lagi kosong, akhirnya mbak nya menawarkan produk Vitacid.
2. Aku pengen coba  juga dan membandingkan hasil yang didapat setelah pemakaian dua produk tersebut,
3. Harga Vitacid jauuuh lebih murah dibandingkan harga Retin A, kan kalo hasilnya sama aja  aku bisa lebih irit..hehe.. :p * Vitacid 0,05% dibandrol dengan harga Rp.33.000-35.000, sedangkan Retin A dengan ukuran yang sama dibandrol dengan harga kisaran Rp. 80.000-85.000.. lumayan kan bedanya.. huhuhu..

Sama halnya dengan Retin A, merek dagang Vitacid juga mengeluarkan produk dengan beberapa kadar tretinoin yang berbeda yaitu 0,025%, 0,05 % dan 0,1%.




Tapiii berhubung dulu pernah coba Retin A dengan kadar 0,025% ga cukup nampol, sedangkan 0,1% malah buat kulit ngelupas parah, akhirnya aku pilih Vitacid dengan kadar 0,05%. Dulu aku pake tretinoin seluruh wajah, kalo sekarang aku olesin aja ke bagian-bagian yang ada jerawatnya aja, kalo dipake seluruh wajah aku takut kena purging soalnya..hahaa.. T__T *lagi krisis percaya diri.

Oh yaa bagi yang belum tau purging itu apa. Purging itu semacam proses untuk mengeluarkan kotoran-kotoran yang ada di permukaan dalam wajah biasanya proses ini ditandai dengan munculnya jerawat atau komedo di seluruh bagian wajah, makanya kita harus ekstra sabar kalo sedang mengalami proses purging. Purging bisa dibilang semacam proses detox wajah kita dari racun-racun.

Untuk pemakaian kalo dulu untuk seluruh wajah aku ambil creamnya sebesar dua butir jagung atau lebih (aku kadang suka pake berlebihan kalo lagi kalap..hehe.. :p), nah kalo sekarang cuman ambil secukupnya aja untuk dioleskan ke jerawat.






Cream tretinoin ini hanya bisa dipakai di malam hari aja dan satu hal lagi, kalo malemnya kita pake cream ini, paginya kita harus alias wajib pake sunblock, soalnya cream ini sangat sensitif terhadap sinar matahari. Siap-siap aja muka merah kalo kita ga pake sunblock.

Trust me, dulu aku pernah males pake sunblock soalnya cuman keluar bentar, sedangkan malemnya abis pake tretinoin dan hasilnya kulit aku merah kayak kebakar gitu..hiks. Tapi untuk pemakaian sunblock sendiri sebenernya hukumnya wajib yaa, entah itu abis pake cream tretinoin atau ga. Soalnya sunblock sendiri kan (terutama sunblock dengan spf dan kandungan tertentu) melindungi kulit dari sinar matahari UVB dan UVA yang bisa merusak jaringan kulit dan menimbulkan masalah kulit seperti jerawat, flek hitam, penuaan dini dll.

Dari segi tekstur sendiri, Vitacid lebih oily dan sedikit grossy dibandingkan dengan Retin A, tapi kedua-duanya cepat menyerap di kulit. Aroma Vitacid pun lebih menyengat dibandingkan dengan Retin A. Tapi Alhamdulillah, selama pakai Retin A ataupun Vitacid ga pernah sampe ada pengelupasan yang bener-bener parah, cuman beberapa minggu yang lalu waktu pertama kali pake Vitacid, mungkin kulit wajah aku kaget karena udah lama kan ga pake tretinoin lagi eeh tiba-tiba pake jadi ada sedikit pengelupasan di sekitar kulit yang berjerawat. Untungnya setelah 3 hari, ga ada pengelupasan lagi..fuiiih.















Nah, bagaimana  hasil pemakaian Vitacid 0,05% ?? Karena aku pake hanya dioleskan ke bagian berjerawat, Vitacid lumayan efektif untuk mengempeskan dan mengeringkan jerawat. Tapi kalo aku diminta memilih Vitacid atau Retin A, kemungkinan besar aku lebih memilih Retin A. Mungkin dari segi harga Retin A lebih mahal dibandingkan Vitacid, tapi entah sugesti atau apa aku ngerasa Retin A lebih cocok di kulit aku yang sensitif banget, mungkin karena tekstur Retin A lebih lembut dibandingkan Vitacid jadi ga terlalu keras di kulitku..huhu.. Tapiiii Vitacid lumayan worth it kok buat ngilangin jerawat..hehe.. :D


Kesimpulan :

Kelebihan :

- Harganya jauh lebih murah dibandingkan Retin A
- Mudah meresap di kulit
- Lumayan efektif mengempeskan dan mengeringkan jerawat

Kekurangan :

- Teksturnya lebih oily dan grossy 
- Aromanya lebih menyengat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar