Jumat, 20 Februari 2015

Drama Korea Bertema Psikologis : Hyde, Jekyll and Me


Masih lanjutan postingan sebelumnya disini dan disini

Kali ini aku mau membahas tentang Hyde, Jekyll and Me


source: google

source : google

Pertama kali denger judul drama ini, aku ngerasa ga asing dengan judulnya, ngingetin aku sama salah satu novel klasik karya Robert Louis Stevenson yang ditulis pada tahun 1886 yang berjudul Strange Case of Dr Jekyll and Mr Hyde. Dan ternyata benar dugaanku, drama ini memang terinspirasi dari novel tersebut. 

source : google

Siapa yang suka novel klasik ??? Yeees akuuuuuu, sebagai salah satu penggemar berat novel klasik dan udah baca novel itu jadi penasaran kira-kira gimana jalan cerita di drama ini. Jujur aja novel Strange Case of Dr Jekyll and Mr Hyde merupakan salah novel yang menurutku dari segi cerita sangat menarik, bikin penasaran dan beda dari novel klasik lainnya. Makin penasaran sama drama ini karena pemeran utamanya Hyun Bin dan Han Ji Min, aku suka keduanya..hehehe..

Dalam novelnya, Dr. Jekyll adalah kepribadian asli yang mempunyai sifat good guy atau digambarkan sebagai sisi baik. Sedangkan Mr. Hyde adalah alter ego yang dimiliki oleh Dr. Jekyll yang memiliki sifat berbanding terbalik (sisi jahat).

Dalam drama ini sendiri bercerita tentang Goo Seo Jin yang diperankan oleh Hyun Bin, satu-satunya pewaris yang dimiliki oleh Wonder Group, dimana saat ini dia sedang memimpin sebuah pusat permainan yang dinaungi oleh Wonder Group, yaitu Wonderland *kalo di Indonesia semacam Dufan gitu..hehe.. Yaaap dia seorang direktur, digambarkan sebagai sosok pria dingin, kaku, cuek, tegas, galak, tidak peduli terhadap orang lain. *Intinya dia digambarkan sebagai 'sisi jahat', sedangkan di novel justru alter ego  lah yang memiliki sifat jahat.

Layaknya seperti direktur lainnya, Seo Jin ini selalu berpenampilan necis, rambut yang tertata rapih, pakaian khas direktur atau eksekutif muda lengkap dengan kacamatanya.. *Hyun Bin diapa-apain juga tetep ganteng Ya Alloh.. *__* Kacamata yang selalu dia pakai ternyata bukan kacamata biasa, tapi kacamata yang bisa mengukur MSP (angka indeks yang menunjukkan detak jantung, tekanan darah dan suhu tubuh). Melalui kacamata ini Seo Jin bisa mengontrol kondisinya, indeks akan menunjukkan angka yang lebih tinggi dari kondisi normal ketika dia tidak tenang, risau, galau gundah gulana..hahaa *lebay.

Yaaap dia harus tetap menjaga angka indeks tersebut di kondisi normal, karena ketika angka indeks melebihi angka normal dia akan kesakitan, lalu kehilangan kesadaran diri dan boooooom alter ego-nya akan mengambil alih tubuhnya. Goo Seo Jin terlihat tidak suka terhadap alter ego-nya, selama 5 tahun terakhir dia berhasil menekan kemunculan alter ego-nya tersebut.

Entah apa yang membuat Seo Jin begitu membenci alter ego-nya, menurut cerita 5 tahun yang lalu alter ego-nya ini disinyalir melakukan suatu tindakan yang sangat merugikan bahkan mungkin melukai seseorang dan sepertinya Seo Jin lah yang harus menanggung akibatnya. Sampai episode yang terakhir tayang, masih belum diketahui apa yang dilakukan oleh alter ego-nya tersebut. Tapi sepertinya memang bukan tindakan yang baik, sampai ayah Seo Jin pun membenci alter ego yang dimiliki anaknya itu. Bahkan beliau sampai memerintahkan pegawainya untuk mengawasi tindak-tanduk Seo Jin dan melaporkan jika ada tanda-tanda kemunculan alter ego-nya tersebut. *Sigh, aku penasaran banget kejadian apa yang terjadi di 5 tahun yang lalu, sampe si alter ego begitu dibenci oleh Seo Jin sendiri dan ayahnya. (sabar harus sabar nunggu episode selanjutnya.huhuhu)

soompi

Mungkin Soe Jin selama 5 tahun bisa menekan kemunculan alter ego-nya, tapi akhir-akhir ini indeks MSP nya sering menunjukkan angka yang melebihi batas normal, dia pun mulai khawatir akan kemunculan alter egon-ya kembali. Ketidakstabilan indeks MSP-nya dimulai ketika dia berkeliling di kawasan Wonderland, tiba-tiba gorilla yang dimiliki oleh sirkus lepas dan membuat orang yang sedang berada di Wonderland panik, termasuk Seo Jin. Namun, angka MSP-nya naik tajam ketika ada seorang 'wanita' yang memanggil gorilla itu dan ternyata gorilla mengenalnya dan langsung berlari ke arah wanita tersebut. Hal itu disaksikan oleh Seo Jin dan langsung membuat indeks MSP nya meningkat hampir mencapai 150, padahal angka tersebut merupakan ambang batas bahkan merupakan tanda bahaya bagi Seo Jin. Seo Jin pun penasaran siapakah wanita itu ???

Robin



Alter ego yang dimiliki Seo Jin, sifat yang dimiliki Robin berbanding terbalik dengan Soe Jin. Robin dikenal sebagai pribadi yang hangat, easy going, bebas, ramah, selalu tersenyum dan peduli terhadap orang lain. Dan ternyata Robin adalah penulis webtoon yang cukup terkenal dan memiliki banyak fans wanita, salah satunya Woojung (karakter yang dimainkan oleh Hyeri Girls Day). Sama halnya dengan drama yang sebelumnya aku bahas, Robin muncul akibat adanya trauma masa kecil yang dialami oleh Goo Seo Jin.

Kepribadian Robin yang suka menolong, secara tidak sengaja mengantarkannya bertemu dengan Hana.. Yaaaap!  Robin lah yang selalu menolong Hana ketika beberapa kali Hana berada dalam kondisi yang berbahaya. Hana sempat mengira yang sering menolongnya itu adalah Goo Seo Jin, bahkan sempat menanyakan langsung pada Seo Jin, tapi tentu saja Seo Jin menyangkalnya.

Setelah beberapa kali bertemu, akhirnya Hana tahu itu bukan Seo Jin melainkan Robin. Bahkan Robin memperkenalkan diri sebagai kembarannya Soe Jin. *memang ada perjanjian antara Seo Jin dan Robin, untuk menghindari kecurigaan akan perbedaan sikap mereka, baik Seo Jin ataupun Robin akan mengaku bahwa mereka memiliki saudara kembar. Jadi, Hana belum tahu kalo Robin dan Seo Jin adalah orang yang sama. Dari pertemuan-pertemuan yang tidak sengaja, akhirnya Robin dan Hana menjadi teman yang akrab. Bahkan karena kebaikan hati Robin, Hana mulai jatuh cinta padanya.

Tapi jujur aja, aku lebih suka Seo Jin walaupun dia dingin kayak es, sikapnya itu justru bikin aku penasaran hal apa yang membuat dia jadi bersikap seperti itu. Biasanya sih dari drama-drama ataupun film yang udah aku tonton, orang yang terlihat dingin dan kaku justru dalamnya lebih rapuh. Rasanya pengen meluk Seo Jin deeh.. :((

Aku justru curiga dengan sikap Robin yang terlaluuuuu baik, jangan-jangan dia menyimpan sesuatu. *suudzan. Apalagi kalo dari cerita kan 5 tahun yang lalu Robin pernah melakukan sesuatu yang merugikan bahkan membuat kehadirannya sangat dibenci oleh Seo Jin sendiri dan ayahnya. Eehhmmmm apa yaaa, jadi makin penasaran...>_<

Jang HaNa

source : google

Kembali ke Korea setelah sekian lama menetap di Amerika untuk meneruskan memimpin pertunjukan sirkus yang diwariskan oleh mendiang ayahnya. Namun, akibat ulah direktur tempat pertunjukan sirkusnya bernaung yang menganggap Hana sebagai pemicu kemunculan 'sisi lain' sang direktur, membuat pertunjukan sirkusnya terancam dibubarkan.

Yaaap, Hana pemimpin sirkus Wonderland yang baru dan direktur itu yaa siapa lagi kalo bukan Goo Seo Jin..hehe.. Setelah insiden gorilla, Soe Jin penasaran siapakah wanita yang dihampiri gorilla waktu itu. Akhirnya Soe Jin tahu wanita itu adalah pemimpin sirkus Wonderland yang baru, Jang HanaUntuk memastikan apakah memang Hana pemicu indeks MSP-nya naik, Soe Jin bertemu dengan Hana, tapi saat mereka bertemu tidak terjadi apapun, indeks MSP-nya pun stabil. Namun, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan menjauhkan Hana darinya, Soe Jin bermaksud tidak memperpanjang kontrak penampilan sirkus di Wonderland, tentunya dengan alasan penjualan tiket sirkus yang tidak lagi mendatangkan keuntungan bagi Wonderland.

Jelas saja Hana menentang hal tersebut, Hana berpikir pertunjukan sirkuslah yang membawa Wonderland mencapai kesuksesan *Pertunjukan sirkus telah ada sejak pertama kali Wonderland berdiri. Apalagi dia baru saja datang dari Amerika dengan maksud untuk memperbaiki permainan sirkus menjadi lebih baik *kebetulan di Amerika dia belajar tentang permainan sirkus yang terbaru.

Hana melakukan berbagai cara untuk mendapatkan perpanjangan kontrak pertunjukan sirkusnya. Tapi, Seo Jin tetap tak bergeming, untungnya Dewi Fortuna berada di pihak Hana, secara tidak sengaja Hana menjadi saksi kunci menghilangnya Dokter Kang, dokter yang menangani kasus Seo Jin, sehingga mau tak mau Seo Jin pun bergantung padanya. Hana mengambil kesempatan ini untuk memperpanjang kontrak sirkusnya..*pintaaar..muehehe.. Tapi tentu semuanya tidak sampai disini..........................

Yoon Tae Joo

source: google

Selain ada Hyun Bin dan Han Ji Min, ada Sung Joon yang berperan sebagai Yoon Tae Joo, seorang dokter ahli hipnoterapi yang juga merupakan murid Dokter Kang. Dia digambarkan sebagai dokter baik hati yang murah senyum. Bahkan dia bersedia membantu Hana dan polisi untuk menyingkap kasus menghilangnya Dokter Kang. Hana memang sempat kehilangan ingatannya akan wajah pelaku yang sempat dia lihat di ruangan Dokter Kang dan Tae Joon berusaha membantunya untuk mengingat kembali, tentunya dengan teknik hipnotis.

Tapi ternyataaaa dibalik sikap baik dan senyumnya, Tae Joon mempunyai sisi lain yang cukup mencengangkan dan baru terkuak di episode 8. Dulu aku sempat menduga, masa sih dia cuman jadi ahli hipnoterapi daaaan akhirnyaaaa terungap sudah, dugaanku benar..hehe.. Apa coba hayoooo ?? makanya tonton aja dramanya...hehe.. *promosi :p

Min Woojung

source: google

Ketua fans club Robin, diperankan oleh Hyeri Girls Day. Dilihat dari beberapa foto di kamar Woojung yang menunjukkan kedekatannya dengan Robin, sepertinya Woojung dan Robin telah bertemu untuk waktu yang cukup lama. Dan ternyata benar, Robin dulu sering datang ke cafe yang dimiliki oleh Ayah Woojung, bahkan Robin terlihat akrab dengan mereka berdua. Robin sudah menganggap mereka sebagai keluarga, namun aku rasa Woojung menyukai Robin sebagai pria. Terkadang Woojung dengan jelas menunjukkan rasa cemburunya ketika Robin sedang bersama Hana, bahkan Woojung sampai mendaftar menjadi salah satu anggota sirkus untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Hana. Tapi sayang, sepertinya Robin hanya menganggap Woojung sebagai adiknya..huhuhu

Akting Hyeri sendiri menurut temanku masih kaku, kayak main di drama SMA..hehe.. Aku anggap itu wajar, mungkin dia masih belum berpengalaman, karena drama ini merupakan proyek pertamanya di dunia seni peran.

Untuk dramanya sendiri, seperti yang aku bilang walaupun ratingnya kalah dibandingkan dengan drama yang sebelumnya aku bahas, tapi aku tetap suka drama ini seperti layaknya aku yang juga menyukai drama sebelah..hehe.. Kedua drama memiliki kelebihan masing-masing, walaupun memiliki ide cerita yang sama menurutku Hyde, Jekyyl and Me lebih menonjolkan kesan misteri, bahkan sebagian orang menganggap alur ceritanya lebih berat, bisa dilihat dari adegan humor dan romantisnya yang lebih sedikit *iyaap lebih banyak adegan seriusnya.

Daripada disebut komedi romantis, drama ini aku rasa lebih cocok disebut sebagai drama thriller romantic.. hehe.. Yaap drama ini penuh dengan teka-teki, misteri yang ada dalam drama diungkapkan secara perlahan dan justru setelah menonton tiap episodenya membuat aku makin penasaran dengan apa yang akan terjadi di episode selanjutnya. Well, walaupun temanku menilai alurnya terlalu lambat, entah kenapa aku berpikir memang drama ini seharusnya dibuat dengan alur yang seperti itu.

Bisa dilihat film-film western ataupun drama-drama korea yang bergenre thriller biasanya memiliki alur yang tidak terlalu cepat, mungkin pemilihan alur seperti ini diharapkan agar penonton penasaran dan benar-benar memperhatikan tiap adegan secara detail, karena biasanya ada beberapa adegan yang dijadikan 'kunci' dari misteri yang akan diungkapkan dan ketika misteri berhasil terungkap diharapkan penonton akan tercengang dan bilang "ooooooh terjadi karena ini toh, ooh ternyata gini toh, dan lain lainya...haha.. *sorry kalo ini agak sotoy..wkwk.. :p Tapi seriusan menurutku alur drama ini pas kok, jadi bikin gregetan apa sih yang sebenarnya terjadi di dalam drama ini.

Sebagian orang mungkin bilang chemistry Hyun Bin dan Han Ji Min ga tercipta dan jadinya eksekusi di drama jadi kurang pas. Tapi ga tau kenapa walaupun chemistry mereka di drama masih kurang pool, aku sangat mengharapkan mereka ada 'sesuatu' di dunia nyata.. wkwkw.. *Jiwa shipper kumat, gapapa lah yaa mereka berdua kan sama-sama single..hehe.. :p

Eeeem singkat kata sih, aku ga bisa memilih mana drama yang lebih baik diantara kedua drama yang sedang aku tonton, karena aku suka keduanya..haha.. Mungkin drama sebelah dari segi romansa dan humornya lebih terasa tapi drama ini menyajikan sesuatu yang selalu membuat aku penasaran tentang apa yang sebenarnya terjadi dalam drama tersebut. Misteri yang diungkapkan secara perlahan, justru makin membuatku aku bertanya-tanya dan kadang kesel sendiri ga sabar buat liat lanjutannya..hehe.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar